3.4.12

Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Website Perusahaan

Memiliki website dalam kegiatan berbisnis kini menjadi hal yang mutlak. Banyak perusahaan yang maju dan berkembang luas karena memiiliki website yang menarik bagi klien. Membuat website memang bukan perkara mudah. Website perusahaan harus bersifat atraktif dan informatif. Selain tampilannya, psikologi komunikasi menjadi hal yang penting. Psikologi komunikasi yang baik dapat membuat website perusahaan Anda ramai pengunjung.
Psikologi komunikasi sangat penting dalam membangun bisnis Anda. Psikologi komunikasi dapat memberikan citra baik terhadap produk atau jasa Anda. Psikologi komunikasi dalam website perusahaan Anda akan membantu Anda berkomunikasi dengan klien. Anda juga dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan klien. Psikologi komunikasi dapat membantu anda membuat inovasi terhadap produk dan jasa Anda dan membuat website Anda menjadi alat promosi yang efektif.
Penggunaan psikologi komunikasi pada website perusahaan antara lain dengan bahasa yang tepat sasaran dan tidak bertele tele. Penjelasan mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak perlu panjang lebar. Penggunaan bahasa yang sopan dan kata-kata yang santun dan membuat pengunjung web Anda merasa dihargai baik itu klien maupun investor. Anda tidak boleh memaksa produk atau jasa Anda atau menjelekkan jasa atau produk saingan Anda. Anda juga dapat memberikan beberapa pilihan bagi klien mengenai langkah apa yang diberikan bila tertarik pada jasa atau produk Anda.
Gunakalah panel yang mudah dan letakkanlah pada tempat yang mudah terlihat. Pada layar pengisian data diri Anda tidak perlu meminta banyak informasi dari klien, data diri pribadi seperti nama, alamat tempat tinggal, tanggal lahir, nomor yang bisa dihubungi, alamat email, nama perusahaan, dan alamat perusahaan merupakan data diri yang wajib dimasukan. Psikologi komunikasi untuk website harus mudah dipahami dan simpel. Pengunjug website Anda baik itu itu klien ataupun investor akan tertarik pada jasa atau perusahaan Anda bila mereka disambut oleh kata kata yang ramah dan tidak memaksa.
Berikanlah nomor yang bisa dihubungi bila klien ingin mengetahui infromasi yang lebih. Selalu perbaharui website perusahaan Anda. Anda juga harus bisa menyesuaikan bahasa yang Anda gunakan dalam psikologi komunikasi Anda. Bahasa formal memang penting namun bila terlalu kaku akan membuat klien merasa jenuh dan tidak tertarik. Selipkanlah bahasa nonformal sehingga kata kata Anda tidak terlalu baku. Dalam promosi misalnya, orang-orang akan tertarik pada kata kata yang menarik, biasa, dan tidak kaku. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh perhatian dari klien dengan cepat dan mudah.


Sumber :
Widjanarko, LM. (2011).  Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Website Perusahaan. Diunduh dari www.bengkelduit.com. Diakses 3 April 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar