Memiliki website
dalam kegiatan berbisnis kini menjadi hal yang mutlak. Banyak
perusahaan yang maju dan berkembang luas karena memiiliki website yang
menarik bagi klien. Membuat website memang bukan perkara mudah. Website perusahaan harus bersifat atraktif dan informatif. Selain tampilannya, psikologi komunikasi menjadi hal yang penting. Psikologi komunikasi yang baik dapat membuat website perusahaan Anda ramai pengunjung.
Psikologi komunikasi sangat penting dalam membangun bisnis Anda. Psikologi komunikasi
dapat memberikan citra baik terhadap produk atau jasa Anda. Psikologi
komunikasi dalam website perusahaan Anda akan membantu Anda
berkomunikasi dengan klien. Anda juga dapat mengetahui kebutuhan dan
keinginan klien. Psikologi komunikasi dapat membantu anda membuat
inovasi terhadap produk dan jasa Anda dan membuat website Anda menjadi
alat promosi yang efektif.
Penggunaan psikologi komunikasi pada
website perusahaan antara lain dengan bahasa yang tepat sasaran dan
tidak bertele tele. Penjelasan mengenai produk atau jasa yang Anda
tawarkan tidak perlu panjang lebar. Penggunaan bahasa yang sopan dan
kata-kata yang santun dan membuat pengunjung web Anda merasa dihargai
baik itu klien maupun investor. Anda tidak boleh memaksa produk atau
jasa Anda atau menjelekkan jasa atau produk saingan Anda. Anda juga
dapat memberikan beberapa pilihan bagi klien mengenai langkah apa yang
diberikan bila tertarik pada jasa atau produk Anda.
Gunakalah panel yang mudah dan
letakkanlah pada tempat yang mudah terlihat. Pada layar pengisian data
diri Anda tidak perlu meminta banyak informasi dari klien, data diri
pribadi seperti nama, alamat tempat tinggal, tanggal lahir, nomor yang
bisa dihubungi, alamat email, nama perusahaan, dan alamat perusahaan
merupakan data diri yang wajib dimasukan. Psikologi komunikasi untuk
website harus mudah dipahami dan simpel. Pengunjug website Anda baik itu
itu klien ataupun investor akan tertarik pada jasa atau perusahaan Anda
bila mereka disambut oleh kata kata yang ramah dan tidak memaksa.
Berikanlah nomor yang bisa dihubungi
bila klien ingin mengetahui infromasi yang lebih. Selalu perbaharui
website perusahaan Anda. Anda juga harus bisa menyesuaikan bahasa yang
Anda gunakan dalam psikologi komunikasi Anda. Bahasa formal memang
penting namun bila terlalu kaku akan membuat klien merasa jenuh dan
tidak tertarik. Selipkanlah bahasa nonformal sehingga kata kata Anda
tidak terlalu baku. Dalam promosi misalnya, orang-orang akan tertarik
pada kata kata yang menarik, biasa, dan tidak kaku. Dengan begitu, Anda
dapat memperoleh perhatian dari klien dengan cepat dan mudah.
Sumber :
Widjanarko, LM. (2011). Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Website Perusahaan. Diunduh dari www.bengkelduit.com. Diakses 3 April 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar